LokaLAN – Yuk, pelajari kasta dan urutan prosesor AMD Ryzen!

LokaLAN – Yuk, pelajari kasta dan urutan prosesor AMD Ryzen!

Di tahun 2017 dan seterusnya, daya saing industri PC untuk sektor chip melemah. Pasalnya, di era itu Intel bisa dibilang menguasai pasar. Hampir semua jajaran prosesor Intel lebih unggul dari saingannya AMD. Faktanya, prosesor AMD, yang pada saat itu dikenal sebagai Sempron, Turion, Athlon, dan Phenom, dihargai relatif lebih rendah daripada jajaran prosesor pesaing Intel.

Meski harganya murah, kebanyakan orang masih menggunakan prosesor perusahaan asal California itu sebagai pilihan kedua. Alasannya tidak lain karena AMD dianggap boros daya, cepat panas, dan tidak bisa mengatasi performa rendah di suhu tinggi. Semua masalah ini akhirnya terselesaikan sejak AMD menemukan desain mikroarsitektur baru bernama Zen.

Mikroarsitektur inilah yang melatarbelakangi kemunculan seri prosesor Ryzen di tahun 2017. Dari situ, AMD pun lambat laun mampu mencuri sorotan dan membuat konsumen menyukainya. PC Mag bahkan memasukkan tujuh prosesor AMD dalam kategori Top 10 Best of 2020.

Momentum ini juga menjadi titik balik bagi AMD yang sempat mengalami kegagalan di pasar kelas atas dengan keluarga prosesor FX. Berkat Ryzen juga, AMD memperoleh 36,6% pangsa pasar global pada kuartal keempat tahun 2020 dan semakin diterima oleh publik.

Hingga tahun 2023, AMD Ryzen telah mencapai generasi ketujuh dengan seri AMD Ryzen 7000.

Bagi yang belum tahu banyak tentang rangkaian prosesor AMD Ryzen, kali ini Caris Signal akan mencoba menjelaskannya satu per satu. Namun, sebelum membahasnya, ada baiknya mengetahui struktur penamaan prosesor AMD Ryzen.

Memahami Nomenklatur Prosesor AMD Ryzen

Seri AMD Ryzen Zen 2
*

Nama produk harus memiliki arti, bukan hanya kata-kata. Mirip dengan nama yang diberikan AMD pada prosesor Ryzen. Saat ini terdapat empat jenis AMD Ryzen, yaitu Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9, dan Ryzen Threadripper.

Sebelum menjelaskan urutan dan levelnya, Caris Signal mengajak Anda untuk mengungkap empat angka dan satu huruf yang biasa menyertai nama-nama prosesor AMD Ryzen. Untuk kenyamanan, mari kita lihat prosesornya, katakanlah Ryzen 7 3750H.

Pertama-tama, angka 3 menunjukkan bahwa prosesor tersebut adalah generasi ketiga Ryzen, menggunakan mikroarsitektur Zen 2 (12nm). Jika angka di depan adalah 1, maka prosesor tersebut adalah mikroarsitektur Zen generasi pertama (14nm). Juga, jika angka pertama adalah 2, prosesornya adalah mikroarsitektur Zen+ generasi kedua (12nm).

Meski begitu, angka sebelumnya tidak selalu mewakili aljabar. Itu karena AMD juga memberikan nomor 4 depan untuk prosesor Ryzen generasi ketiganya. Jadi, Ryzen generasi ke-3 menggunakan awalan 3, ada yang menggunakan awalan 4. Generasi keempat terbaru, dimulai dengan awalan 5. Prosesor generasi keempat mendukung arsitektur Zen 3 (7nm).

Kedua, angka 7 pada 3750H menandakan tingkat performa di kelasnya. Angka yang lebih tinggi berarti kinerja yang lebih tinggi.Biasanya AMD menggunakan angka 7 dan 8 sebagai levelnya kekasihdan tingkat 4, 5 dan 6 kinerja tinggi.

Ketiga, angka 5 dan 0 pada 3750H digunakan untuk menekankan pemosisian prosesor berperforma tinggi. Namun, angka ketiga dan keempat juga bisa digunakan untuk membedakannya dengan model lain yang bertipe dan generasi sama.Misalnya, bedakan jumlah inti/utas yang Anda miliki

Keempat, huruf H yang dilampirkan pada 3750H menunjukkan prosesor berperforma tinggi dari komputer notebook. Selain H, AMD menggunakan huruf X, G, GE, T, dan U.Huruf X untuk prosesor komputer Desktop dengan kinerja tinggi.

G artinya prosesor desktop alias APU, yang sudah digabungkan dengan GPU. GE adalah singkatan dari APU untuk desktop berdaya rendah. Terakhir, U menunjukkan bahwa prosesor adalah APU untuk laptop standar dan biasanya hemat daya.

Jenis prosesor AMD Ryzen

Mulai dari Ryzen 3 hingga Ryzen Threadripper, inilah setidaknya lima prosesor AMD Ryzen yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini adalah jenis-jenis prosesor AMD Ryzen berdasarkan kategorinya.

1. Ryzen 3

Ryzen 3

AMD memiliki banyak pilihan di entry level. Selain masih menampilkan prosesor seri A dan Athlon, ada juga Ryzen 3. Ryzen 3 diposisikan oleh AMD sebagai pesaing utama Intel Core i3, baik di desktop maupun laptop. Dengan Ryzen 3, AMD mencoba menawarkan prosesor yang berkinerja baik dengan harga murah.

Ciri khas Ryzen 3 adalah penggunaan 2 hingga 4 core dan 4 hingga 8 thread. Ryzen juga memiliki varian APU (CPU yang digabungkan dengan GPU) untuk desktop dan laptop hemat daya. Saat generasi pertama diluncurkan pada pertengahan 2017, empat produk Ryzen 3 diluncurkan, dengan versi tertinggi adalah 1300X.

Sebagai informasi, huruf X setelah empat angka berarti memiliki performa yang tinggi. Semua prosesor desktop dirancang dengan proses litografi 14nm, mendukung DDR4 saluran ganda, dan didasarkan pada soket AM4 terbaru. Jajaran prosesor Ryzen 3 generasi pertama untuk pasar laptop hadir di pasar setahun yang lalu, pada tahun 2018.

Namun, nomenklatur Ryzen 3 untuk laptop generasi pertama langsung menggunakan angka dari tahun 2000-an. Misalnya Ryzen 3 Pro 2300U dengan GPU Radeon Vega 6, sejak itu Ryzen 3 terus memperbarui teknologinya. Baru-baru ini, ketika generasi keempat (seri 4000) keluar, AMD meluncurkan enam produk Ryzen 3.

Empat untuk PC dan dua untuk laptop. Ryzen 3 generasi keempat semuanya adalah APU yang menggunakan mikroarsitektur Zen 2 (7nm). Salah satunya adalah Ryzen 3 4300GE (4 inti8 benang) untuk PC dengan TDP 35 W dan kecepatan jam 3,5-4,0GHz.

2.Ryzen 5



Spesifikasi HP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *